Catatan Dari Spongebob

Beberapa hari yang lalu di Senayan City lagi ada tema Spongebob. Di lantai dasarnya ada arena khusus berdekorasikan dunia Spongebob. Targetnya tentu anak-anak yang sedang menghabiskan masa liburannya. Tetapi di bagian lainnya ada sesuatu yang menarik. Ada sebuah pameran kecil-kecilan. Sepertinya pameran ini bekerjasama dengan majalah Concept. Pameran tersebut berisikan aneka desain grafis dunia Spongebob.

Banyak lukisan-lukisan grafis menarik. Namun sayang, tidak begitu terlalu detail dijelaskan apakah desain grafis/lukisan yang dibuat menggunakan teknik apa (apakah manual dengan tangan atau ada campur tangan komputer). Dari beberapa desain, tampak jelas menggunakan bantuan komputer. Namun ada juga yang seperti lukisan cat minyak (entah apakah finishing-nya menggunakan komputer atau tidak).

Perkembangan teknologi, khususnya komputer, telah turut merubah bagaimana seni diciptakan. Tak terkecuali dengan dunia komik. Kehadiran teknologi dalam seni telah menimbulkan pro dan kontra. Ada yang menganggap kehadiran teknologi menunjang kreatifitas seni dengan segala kemudahan dan beraneka eksplorasi lainnya yang tak bisa atau belum dilakukan mansia, dan ada juga yang menganggap kehadiran teknologi menjadi sebuah ancaman.

Sejak pertama kali diciptakan, kehadiran mesin atau otomatisasi (komputerisasi) perlahan-lahan mulai menggeser peran manusia. Lapangan kerja manusia pun semakin berkurang dengan efisiensi sebuah mesin. Begitu juga dalam hal seni.

Dalam era informasi dan kemajuan teknologi yang semakin pesat tiap tahunnya, zaman akan terus berubah. Apakah begitu juga dengan seni atau komik?

Advertisements

About this entry